Selasa, 23 September 2014

Handphone / smartphone Android Adalah

Handphone / smartphone Android semakin populer di dunia dan menjadi saingan serius bagi para vendor handphone yang sudah ada sebelumnya seperti Nokia, Blackberry dan iPhone.
Tapi bila anda menanyakan ke orang Indonesia kebanyakan “Apa itu Android ?” Kebanyakan orang tidak akan tahu apa itu smartphone Android, dan meskipun ada yang tahu pasti hanya untuk orang tertentu yang geek / update dalam teknologi.
Ini disebabkan karena masyarakat Indonesia hanya mengenal 3 merek smartphone Android terbaru dan termurah yaitu BlackBerry, Nokia, dan merek lainnya :)

Ada beberapa hal yang membuat Android sulit (belum) diterima oleh pasar Indonesia, antara lain:

  • Kebanyakan handphone Android menggunakan input touchscreen yang kurang populer di Indonesia,
  • Android membutuhkan koneksi internet yang sangat cepat untuk memaksimalkan kegunaannya padahal Internet dari Operator selular Indonesia kurang dapat diandalkan,
  • Dan yang terakhir anggapan bahwa Android sulit untuk dioperasikan / dipakai bila dibandingkan dengan handphone lain macam Nokia atau Blackberry.
Anda tentu sering mendengar istilah “smartphone”.
Lantas apa arti dari istilah tersebut? Apa yang membedakan smartphone atau ponsel pintar dengan ponsel biasa?
Singkatnya, smartphone adalah perangkat yang memungkinkan Anda melakukan panggilan telepon, sekaligus memiliki fitur yang di masa lalu hanya bisa ditemukan pada personal digital assistant (PDA) atau komputer – seperti kemampuan untuk mengirim dan menerima e-mail dan editing dokumen, misalnya.
Sebelum smartphone dikenal luas, pada awalnya terdapat dua produk berbeda yaitu ponsel dan personal digital assistant (PDA).
Ponsel terutama digunakan untuk menelpon, sementara PDA digunakan sebagai semacam asisten digital pribadi atau digital organizer.
PDA dapat menyimpan info kontak dan agenda harian serta bisa disinkronisasi dengan komputer.
Namun seiring perkembangan, ponsel akhirnya memiliki fitur PDA, begitu pula sebaliknya, PDA memiliki fitur ponsel.
Perkembangan ini lantas mendorong terciptanya apa yang kini dikenal sebagai smartphone.

Fitur Kunci Smartphone

Meskipun tidak ada definisi standar dari “smartphone”, akan membantu untuk menunjukkan fitur dan kemampuan apa saja yang dimiliki oleh smartphone serta membedakannya dengan ponsel biasa.
Berikut adalah beberapa fitur yang dimiliki smartphone:
1. Sistem Operasi
Secara umum, smartphone memiliki sistem operasi yang memungkinkannya menjalankan berbagai aplikasi.
iPhone Apple memiliki sistem operasi iOS, BlackBerry menggunakan OS BlackBerry. Selain itu, dikenal pula sistem operasi lain seperti Google Android OS, WebOS HP, dan Microsoft Windows Phone.
2. Apps
Sementara hampir semua ponsel memiliki beberapa jenis perangkat lunak, smartphone memiliki kemampuan yang lebih baik lagi.
Smartphone memungkinkan Anda membuat dan mengedit dokumen Microsoft Office – atau setidaknya melihat file.
Smartphone juga memiliki kemampuan men-download berbagai aplikasi seperti software keuangan, personal assistant, dan banyak lagi.
Smartphone mungkin juga dilengkapi dengan GPS dan kemampuan editing foto serta memutar musik.
3. Web Access
Smartphone dapat mengakses internet pada kecepatan yang lebih tinggi, berkat pertumbuhan 4G dan jaringan data 3G, serta penambahan dukungan Wi-Fi untuk banyak handset.
4. Keyboard QWERTY
Smartphone umumnya sudah dilengkapi dengan keyboard QWERTY.
Keyboard QWERTY bisa berbentuk fisik maupun virtual (diketik melalui layar sentuh).
5. Messaging
Semua ponsel dapat mengirim dan menerima pesan teks, tapi apa yang membuat smartphone lebih unggul adalah kemampuannya menangani e-mail.
Sebuah smartphone dapat disinkronisasi dengan akun e-mail sehingga mampu meningkatkan produktivitas kerja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar